ALT/TEXT GAMBAR

Home » » 9 Pemimpin Daerah Termuda di Dunia

9 Pemimpin Daerah Termuda di Dunia


ARTIKEL ZAMRUD HIJAU | Kedatangan walikota termuda di dunia, Bashaer Othman, ke Indonesia memberikan inspirasi. Bahwa anak muda di mana pun di dunia ini bisa memberikan kontribusi. Bahwa masa remaja tak hanya diisi hura-hura namun juga bisa menyumbang tenaga dan pikiran pada lingkungan sekitarnya, tempat di mana dirinya tinggal, tumbuh dan besar.

Berikut beberapa pemimpin daerah termuda, baik walikota, bupati hingga gubernur yang menjabat pada usia relatif muda, maksimal 40 tahun pada tahun 2000-an ke atas seperti dikutip dari berbagai sumber:


Bobby Jindall


Bobby Jindall, merupakan Gubernur Louisiana yang terpilih dua periode, periode 2007 dan 2011. Saat terpilih pada pertama kalinya, dia berusia 36 tahun, menjadikannya gubernur termuda di seluruh AS.

Bobby adalah warga negara AS keturunan imigran India. Dia adalah lulusan ilmu politik Universitas Oxford.

"Ayah dan ibu saya datang ke negara ini untuk mengejar impian Amerika. Dan tebak apa yang terjadi. Mereka menemukan impian Amerika dan hidup dengan baik di sini, di Louisiana," kata Bobby dalam pidato kemenangannya.


Jeremy Yamaguchi


Jeremy Yamaguchi adalah Walikota Placentia, California, Amerika Serikat (AS) yang membawahi 50.533 warga. Saat terpilih, pada November 2011 lalu, Jeremy masih berusia 22 tahun.

"Saya sangat bangga dan terhormat mengambil tanggung jawab untuk mewakili warga kota dari Placentia. Sata telah terlibat di masyarakat sejak saya bisa berjalan, dan saya ingin memberi kembali dengan segala cara yang saya bisa," kata Jeremy di TV KCAL 9 seperti dikutip dari LA Times.

Menurut media Register, pada tahun pertama Jeremy menjadi walikota, programnya adalah menambah jam kerja, mengunjungi tiap sekolah dan menghidupkan kembali Dewan Kota Muda.

Sebelumnya, Jeremy terpilih menjadi anggota Dewan Kota Placentia sejak tahun 2008, saat berusia 19 tahun. Dia juga aktif di Pramuka dan berbagai ormas dan lingkungan. Dia juga memiliki akun twitter, lebih memilih menggunakan iPad yang katanya untuk menghemat kertas dan ramah lingkungan.

Jeremy kini sedang menyelesaikan studinya di Ilmu Politik, Callifornia State Fullerton.


Nikki Halley


Nikki Haley adalah Gubernur South Carolina yang terpilih pada 12 Januari 2011. Saat itu usia Nikki masih 40 tahun. Dia merupakan WN AS keturunan India, nama aslinya Nimrata Nikki Randhawa. Dengan demikian Nikki adalah gubernur keturunan India kedua, selain Bobby Jindal.

Nikki adalah sarjana dari Clemson University. Kebijakan Nikki selama menjadi gubernur adalah penentang aborsi, pengenaan pajak yang lebih rendah, mendukung imigrasi dan memperbaiki tingkat kesejahteraan guru berdasar kinerja dalam bidang pendidikan.


Evan Low


Evan Low, adalah Walikota Campbell, California periode 2009-2010, yang membawahi 38 ribu warga, termasuk di Sillicon Valley. Saat terpilih, dia masih berusia 26 tahun. Tak cuma itu, Evan Low juga seorang gay, jadilah dia walikota gay termuda yang pernah ada di AS.

Evan adalah walikota keturunan China, kelahiran 1983. Dia adalah sarjana ilmu politik dari San Jose University. Kini dia menjadi anggota Dewan Kota Campbell.


Jeremy Minnier


Jeremy Minnier merupakan Walikota Aredale, kota kecil di Iowa, AS. Saat terpilih pada tahun 2011, Jeremy masih duduk di bangku SMA dan berusia 18 tahun!

Namun, Jeremy berhasil memenangkan 75 persen suara warga, mengalahkan calon incumbent Virgil Homer yang berusia 76 tahun. Asal tahu saja, Kota Aredale hanya dihuni 74 warga! Jeremy mendapatkan 24 suara, cukup mengalahkan lawannya yang mendapatkan 8 suara.

Namun Jeremy tak gentar. "Banyak yang berpikir bahwa anak berusia 18 tahun terlalu muda, Anda tidak bisa menanganinya. Atau Anda tidak akan tertarik pada hal-hal ini (politik dan pemerintahan). Baiklah, itu salah. Ada banyak anak-anak, dewasa muda yang tertarik dalam hal ini. Dan kami adalah masa depan," kata Jeremu dalam pidato kemenangannya, seperti dilansir Daily Mail.

Jeremy sangat concern pada masalah sanitasi dan air bersih di Aredale.


Alex Morse


Alex Morse, pemuda berusia 22 tahun yang baru lulus dari Brow University memenangkan pemilukada dan berhasil menjadi Walikota Holyoke, Massachusets, AS pada tahun 2011 lalu. Alex adalah cucu daro Walikota Holyoke Elaine Pluta. Alex mendapatkan 5 ribu suara dan berhasil memimpin di wilayah berpenduduk 40 ribu, yang mayoritas dihuni keturunan Latin.

"Saya memutuskan setengah tahun lalu untuk melakukan pencarian jiwa dan akhirnya memutuskan bahwa saya siap untuk posisi ini," kata Alex pada CBS Boston yang dilansir Daily Mail.

Alex mengatakan dia melakukan pendekatan yang unik dan berbeda pada warga. "Saya memiliki percakapan substantif dengan warga di ruang tamu mereka, di dapur, dan di depan pintu dan mengatakan saya adalah kandidat satu-satunya yang orang bilang datang ke rumah mereka dan meminta dukungan. Saya berterus terang pada warga bahwa saya gay. Saya klaim itu," kata Alex.


Zumi Zola


Zumi Zola adalah Bupati Tanjung Jabung Timur, Jambi, Indonesia yang mulai menjabat pada April 2011, saat usianya masih 31 tahun. Zumi, yang sebelumnya artis ini, memilih kendaraan dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Ayah Zumi adalah mantan Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin. Dia adalah pemimpin daerah termuda di Indonesia.


Derek Merrin


Derek Merrin adalah Walikota Waterville, Ohio periode 2008-2011, membawahi 5.523 penduduk. Saat terpilih, Derek masih berusia 21 tahun, menjadikannya walikota termuda di negara bagian Ohio, AS. Sebelumnya dia menjadi anggota dewan kota pada 2006-2007. Demikian seperti dilansir dari derekmerrin.com.

Memenangi kampanye walikotanya, Derek menggerakkan akar rumput, mengetuk pintu warga di Waterville secara virtual. Isu utama yang dia usung bagi warga kota adalah kebijakan fiskal yang konservatif dan transparansi pemerintahan rupanya menarik hati para pemilih.

Derek merupakan sarjana sejarah lulusan Universitas Toledo, master di bidang publik administrasi dari Bowling Green State University. Selepas dari Walikota dia kini menjadi analis di kantor audit pemerintah, membantu pemerintah lokal mengefektifkan dan mengefisiensikan sumber dayanya.


Muhammad Zainul Majdi (Tuan Guru Bajang)


Muhammad Zainul Majdi, adalah Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) peruode 2008-2013. Saat terpilih usia pria kelahiran 31 Mei 1972 ini adalah 36 tahun. Dengan demikian sampai saat ini, pria yang akrab dikenal dengan nama Tuan Guru Bajang ini menjadi gubernur termuda di Indonesia, menggantikan rekor yang dipegang Gubernur Bengkulu Agusrin M Najamudin.

Sebelumnya dia menapaki karir politik dengan menjadi anggota DPR RI 2004-2009 dari Partai Bulan Bintang di Komisi X yang membawahi masalah sosial seperti pendidikan, kebudayaan, kesenian, pariwisata dan olahraga.

Tuan Guru Bajang adalah lulusan Fakultas Ushuluddin Jurusan Tafsir dan Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Universitas Al-Azhar Kairo dengan gelar Lc. Kemudian dia melanjurkan studi di Al Azhar sampai S3. Di S3 Tuan Guru Bajang mengambil disertasi berjudul "Studi dan Analisis terhadap Manuskrip Kitab Tafsir Ibnu Kamal Basya dari Awal Surat An-Nahl sampai Akhir Surat Ash-Shoffat". Hasilnya, Tuan Guru Bajang lulus dengan predikat Summa Cumlaude.

sumber

Terima Kasih Sudah Membaca: 9 Pemimpin Daerah Termuda di Dunia Jangan lupa untuk klik LIKE di bawah ini!

0 komentar:

Poskan Komentar

Blog ini adalah blog DOFOLLOW
1. Diharapkan untuk tidak menyisipkan unsur SPAM (Url hidup) dan SARA
2. Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan artikel dan cuma ingin ber'IKLAN terpaksa akan kami hapus.
.
Terima kasih.

ALT/TEXT GAMBAR ALT/TEXT GAMBAR ALT/TEXT GAMBAR ALT/TEXT GAMBAR
ALT/TEXT GAMBAR